Beranda | Artikel
Tafsir Surat Al-Humazah - Bagian ke-2 - Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Selasa, 23 Desember 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam tentang tafsir Al-Qur’an Al-Karim oleh: Al-Ustadz Badrusalam, Lc.

Berikut adalah lanjutan Tafsir Juz ‘Amma bersama Ustadz Badrusalam yang live dari Masjid Al-Barkah pada Selasa malam, 2 Rabi’ul Awwal 1436 / 23 Desember 2014, ba’da Maghrib hingga Isya’. Pertemuan sebelumnya telah membahas tentang Tafsir Surat Quraisy (Bagian ke-2), Surat Al-Fil, dan Surat Al-Humazah (Bagian ke-1). Karena pada pertemuan sebelumnya, pembahasan Tafsir Surat Al-Humazah belum usai, maka pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan daripadanya. Silakan simak dan download rekaman ceramah agamaTafsir Surat Al-Humazah (Bagian ke-2)“.

NB: Mohon maaf, pada ceramah ini memang tidak ada sesi tanya-jawab.

Rekaman video: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. – Tafsir Surat Al-Humazah (Bagian ke-2) dari Kitab Tafsir Al-Muyassar

[sc:status-tafsir-al-muyassar-ustadz-badrusalam-2013]

Al-Qur’an Al-Karim, Surat Al-Humazah (104)

Dalam ceramah ini, kita insya Allah akan mengupas tafsir dari Surat Al-Humazah, ayat ke-1 hingga ayat ke-4. Berikut kami tampilkan ayatnya untuk memudahkan Anda turut mempelajarinya.

Surat Al-Humazah (104): 1-9

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ (١) الَّذِي جَمَعَ مَالاً وَعَدَّدَهُ (٢) يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُ أَخْلَدَهُ (٣) كَلَّا لَيُنبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ (٤) …

“Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela,(1) yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung,(2) dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya,(3) sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah.(4) …”

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Tafsir Surat Al-Humazah (Kitab Tafsir Al-Muyassar)

Tafsir Surat Al-Humazah

Allah Ta’ala berfirman:

وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ ﴿الهمزة : ١﴾

“Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela.” (QS Al-Humazah [104]: 1)

Mari kita lanjutkan untuk mempelajari Tafsir Surat Al-Humazah yang semoga kita dapat mengambil pelajaran darinya untuk kemudian mengamalkannya, Aamiin. Ceramah ini adalah dari program kajian kitab Tafsir Al-Muyassar di Radio Rodja dan Rodja TV yang live dari Masjid Al-Barkah. Segera download rekaman ceramah agama ini sekarang juga.

Download Kajian Tafsir Al-Qur’an, Kitab At-Tafsiir Al-Muyassar: Tafsir Surat Al-Humazah (Bagian ke-2)

Silakan share tafsir Al-Quran ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga Anda mendapat pahala yang banyak dari Allah Ta’ala atas upaya Anda menyebarkan kebaikan ini. Aamiin.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/10689-tafsir-surat-al-humazah-bagian-ke-2-kitab-tafsir-al-muyassar-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/